JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYANYIKAN LAGU NASIONAL DENGAN METODE LATIHAN DI SD INPRES 1 TONDO |
Nama: SISKAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Siskawati, 2020. Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menyanyikan Lagu Nasional Dengan Metode Latihan di SD Inpres 1 Tondo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu nasional dengan metode latihan di SD Inpres 1 Tondo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 1 Tondo yang berjumlah 23 orang siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajara SBDP, siswa kurang antusias dalam menghadapi pelajaran, hal ini salah satu penyebabnya adalah guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran dalam menyanyikan lagu nasional hanya bersifat satu arah. Penerapan metode latihan pada bidang studi Seni Budaya dan Keterampilan (SBDP) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres 1 Tondo. Hasil analisis tes siklus I dan siklus II ada peningkatan ketuntasan kalsikalnya, yaitu pada siklus I ketuntasan klasikalnya 66,6%, sedangknan siklus II ketuntasan klasikalnya 90%. Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Metode Latihan Terbimbing, SBdP. |