JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN III Marana Kecamatan Sindue |
Nama: FATMAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Fatmawati, 2020. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make a Match pada mata pelajaran PKn Kelas IV SDN III Marana Kecamatan Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Iskandar, Pembimbing (II) Arif Frimansyah. Tujuan penilitian dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model koopertif learning tipe make a match pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN III Marana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN III Marana dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan dilakukan secara bersiklus dan terdiri dari empat fase: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa dikatakan tuntas belajar secara individu bila diperoleh presentase daya serap individu ? 70?n ketuntasan belajar secara klasikal bila diperoleh presentase ? 70%. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian tindakan kelas ini, maka dapat disimpulkan bahwa analisis hasil belajar menunjukkan pada siklus I persentase ketuntasan klasikal adalah 55?ngan jumlah siswa yang tuntas 11 siswa dari 20 siswa sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal 90?ngan jumlah siswa yang tuntas 18 siswa dari 20 siswa sehingga penerapan model Make-A Match dapat meningkatkan hasil belajar PKN pada siswa kelas IV SDN III Marana. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make a Match. |