Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF SEDERHANA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEMATIK TERPADU PADA SISWA KELAS III SD INPRES 4 LOLU
Nama: FITRI
Tahun: 2017
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis paragraf siswa kelas III SD Inpres 4 Lolu yang ditandai dengan persentase siswa yang belum mencapai KKM sebesar 63%. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan pendekatan dalam pembelajaran yang dapat memudahkan siswa menulis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dipilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dalam menulis paragraf yaitu pendekatan Tematik terpadu. Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Inpres 4 Lolu yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan Data hasil observasi kegiatan guru (peneliti) pada siklus I. Pereolehan skor 66 dari skor maksimal 84 dengan persentase 78,57% kategori cukup. Pada siklus II skor perolehan meningkat menjadi 76 dari skor maksimanl 84 dengan presentase 90,47% kategori sangat baik. Hasil catatan lapangan menunjukkan bahwa pada siklus I dan II terdapat kendala. Kendala-kendala yang muncul selama pelaksanaan pembelajaran tersebut dapat diatasi dengan baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Tematik dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III SD Inpres 4 Lolu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up