| JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 6 PALU |
| Nama: DESI ARI SANDI LAKORO |
| Tahun: 2017 |
| Abstrak Desi Ari Sandi Lakoro, (2017), Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 6 Palu. Skripsi, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) H. Syamsul Bahar, Pembimbing (II) Arif Firmansyah Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 6 Palu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 6 Palu. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 6 Palu dengan jumlah total 60 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan kelas VB. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen yang menggunakan dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desainTrue eperimental design. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah, wawancara, observasi, soal pilihan ganda, dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test).Peningkatan hasil tes siswa dari pretest ke posttest dihitung berdasarkan skor N-gain dengan kriteria berdasarkan tingkat gain yaitu; g > 70 kriteria tinggi, 30 ? g ? 70 kriteria sedang, dan g > 30 kriteria rendah. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji “t” dengan taraf nyata ? = 0.05 dan dk = n1+ n2? 2. Hasil penelitian diperoleh nilai N-gain kelas VA (kelas eksperimen) sebesar 49,21 dan kelas VB(kelas kontrol)sebesar 20,31. Selisih peningkatan antara kelas yang di beri perlakuan dengan menggunakan media power point (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak menggunakan media power point (kelas kontrol) berdasarkan perhitungan N-gain adalah 28,90. Hasil perhitungan pada uji hipotesis dengan uji “t” diperoleh nilai thit lebih besar dari pada ttabel atau 2,20 > 1,67. Jadi, berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media power point pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 6 Palu (H1) “diterima”, dengan demikian ada pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 6 Palu. Kata Kunci : Media power point, IPS, Hasil belajar |