Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS 2 MENULIS KALIMAT TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING DI SDN INPRES 3 TATURA
Nama: NUR RAMDAYANI
Tahun: 2017
Abstrak
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 2 SDN Inpres 3 Tatura pada materi menulis kalimat tegak bersambung. Untuk itu penelitian ini di laksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat tegak bersambung melalui metode latihan terbimbing. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah guru tidak maksimal menggunakan model pembelajaran bervariasi yang dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan metode latihan terbimbing dalam mengajarkan menulis kalimat tegak bersambung di Kelas 2 SDN Inpres 3 Tatura. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan , observasi , dan refleksi yang mengacu pada model Suharsimi Arikunto. Dari hasil penelitian Siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 61,1 % dengan nilai ratarata 83,8 serta hasil observasi aktivitas guru 90,6 % dan hasil observasi aktivitas siswa 89,3 %. Sementara hasil penelitian Siklus 2 di peroleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 91,7 % dengan nilai rata-rata 92,7 serta hasil observasi aktivitas guru 98,6 % dan hasil observasi aktivitas siswa 97,3 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat tegak bersambung di kelas 2 SDN Inpres 3 Tatura.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up