JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES 4 TAIPA GINGGIRI |
Nama: AVI FRIANTO MADOKALA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Avi Frianto Madokala. 2019. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres 4 Taipa Ginggiri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Arif Firmansyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres 4 Taipa Ginggiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas control. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain “Nonequivalent Control Group Design”. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 4 Taipa Ginggiri dengan jumlah total 47 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dan kelas IVB. Dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar IPS dalam bentuk pilihan ganda. Hasil pengolahan data kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 44,91 dengan standar deviasi 11,50 dan skor rata-rata posstest sebesar 79,83 dengan standar deviasi 12,8. Sedangkan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 42,28 dengan standar deviasi 11,96 dan skor rata-rata posttest sebesar 70,58 dengan standar deviasi 14,37. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah 2,41 dan nilai ttabel adalah 1,67 dengan jumlah sampel 47 siswa. Kedua nilai tersebut diketahui bahwa nilai thitung > nilai ttabel pada taraf nyata ? = 0,05 dan derajat kebebasan = 45. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar Siswa pada Pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres 4 Taipa Ginggiri. Kata Kunci : Media Animasi, Hasil Belajar IPS. |