JudulPERANAN MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES 1 TOBOLI KECAMATAN PARIGI UTARA |
Nama: MIKI RISNAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Miki Risnawati, 2019. Peranan Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SD Inpres 1 Toboli Kecamatan Parigi Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana peran guru dalam melaksanakan Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam melaksanakan Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SD Inpres 1 Toboli Kecamatan Parigi Utara. Adapun subjek yang di ambil dalam penelitian ini yaitu semua guru yang berada di SD Inpres 1 Toboli Kecamatan Parigi Utara. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah angket dan teknik dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul di olah dan dianalisis dengan menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberlakuan manajemen kelas atau penegelolaan kelas yang dilakukan oleh guru sudah optimal seperti: guru sebelum memulai kegiatan pembeljaran melakukan persiapan terlebih dahulu, sebelum melaksanakan pembelajaran guru terlebih dahulu mengondisikan kelas agar pembelajaran berlangsung lebih efektif, sebelum memulai pembelajaran guru sudah menyiapkan perangkat pembelajaran terlebih dahulu seperti RPP, silabus dan lain-lain, guru sebelum melaksanakan pembelajran terlebih dahulu memberikan motivasi atau penguatan kepada siswa, guru sebelum melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu mengecek kehadiran siswa, sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru menyuruh siswa berdoa terlebih dahulu, guru sudah menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas dalam berlangsungnya proses pembelajaran,guru sudah mendorong siswa untuk belajar giat dan tekun untuk mencapai kegiatan pembelajaran dan guru melaksanakan pengawasan terhadap siswa dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu peranan manajemen kelas dalam meningktakan prestasi belajar siswa di SD Inpres 1 Toboli Kecamatan Parigi Utara menunjukan bahwa semua guru sudah melaksanakan manajemen kelas dalam proses belajar mengajar di SD Inpres 1 Toboli Kecamatan Parigi Utara . Kata Kunci: Manajemen Kelas, Prestasi Belajar Siswa. |