Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN BALUASE KECAMATAN DOLO SELATAN
Nama: ADIYANI FATNIDAR
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Adiyani Fatnidar, 2019.: Hubungan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Baluase Kecamatan Dolo Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (Rizal). Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana hubungan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Baluase Kecamatan Dolo Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas IV SDN Baluase Kecamatan Dolo Selatan. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah “Ada hubungan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar siswa. Adapun subyek yang diambil yaitu kelas IV sebanyak 33 siswa untuk mengumpulkan data, digunakan instrument berupa angket yang diberikan kepada siswa kelas IV serta melihat hasil nilai raport. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik presentase dan korelasi product moment pada taraf kepercayaan 95%.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 8 siswa atau 24.24% siswa berpendapat kemampuan mengajar guru yang tergolong sangat tinggi, 25 siswa atau 75.76% siswa berpendapat kemampuan mengajar guru yang tergolong tinggi, dan tidak terdapat siswa atau 0% siswa berpendapat mkemampuan mengajar guru yang tergolong sedang, rendah maupun sangat rendah. Selanjutnya untuk prestasi belajar siswa terdapat 19 siswa atau 57.58% siswa yang memiliki prestasi belajar sangat tinggi, 14 siswa atau 42.42% siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi, dan tidak terdapat siswa atau 0% siswa yang memiliki prestasi belajar sedang, rendah maupun sangat rendah. Dari hasil pengujian analisis inferensial dengan menggunakan rumus korelasi pada taraf kepercayaan 95% diperoleh rh(r hitung) = 0,939 dikonsultasikan dengan tabel r diperoleh 0,344, dengan demikianrh (r hitung) ? rt(r tabel) atau 0,939 ? 0,344. Maka konsekuensinya Ho ditolak. Dengan demikian ada hubungan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Baluase Kecamatan Dolo Selatan. Kata Kunci : Kemampuan Mengajara Guru, Prestasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up