JudulPengaruh Penggunan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBK Kelas V SDN 25 PALU |
Nama: RETNA AFRIYANA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Retna Afriyana. 2019. Pengaruh Penggunan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBK kelas V SDN 25 PALU. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Yun Ratna. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Penggunan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBK Kelas V SDN 25 PALU. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 25 PALU dengan jumlah total 112 orang siswa dan menggunakan sampel siswa berjumlah 20 orang dari kelas V. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar SBK dalam bentuk tertulis. Hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel atau thitung> ttabel. Adapun thitungnya adalah 3,802 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5%, d.b (N-1) = 20-1 = 19 adalah 2,093. Sehingga Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran SBK di kelas V SDN 25 PALU. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, SBK. |