JudulHUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SBK DI KELAS V SDN 14 PALU |
Nama: ACHMAT RIZALDI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Achmat Rizaldi, 2019. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran SBK di SDN 14 PALU. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing: Yun Ratna Lagandesa Permasalahan pokok penelitian adalah kurangnya minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK di SDN 14 PALU. Pengumpulan datanya menggunakan teknik angket, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 16 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah angket untuk memperoleh data tentang minat belajar dengan hasil belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik persentase sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 5?ngan taraf kepercayaan 95?n df = (n-2). Berdasarkan hasil pengolahan telah diperoleh 2 siswa atau 5% yang menyatakan minat belajar sangat tinggi, dan 14 siswa atau 87% yang menyatakan minat belajar tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK yaitu 5 siswa atau 31,25% yang hasil belajar SBK nya mendapatkan kriteria baik sekali, dan 11 siswa atau 68,75% siswa yang hasil belajar SBK nya mendapatkan kriteria baik. Penguji hipotesis menunjukkan bahwa r hit > r tabel atau 0,973 > 0,532. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK di SDN 14 PALU. Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran SBK. |