JudulPengaruh Metode Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 2 Kalukubula |
Nama: FENNY ADIL |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Fenny Adil, 2019. Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 2 kalukubula. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : (I) Huber Yaspin Tandi (II) Arif Firmansyah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh metode cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 2 Kalukubula. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Kalukubula dengan jumlah total 52 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan kelas VB. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Control Group Pretest-Posstest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji âtâ dengan taraf nyata ? = 0.05 atau taraf signifikan 0,95 dan dk = n_1+ n_2? 2. Hasil penelitian diperoleh nilai N-gain kelas VA (kelas kontrol) sebesar 30,62 dan kelas VB sebesar 58,20. Selisih peningkatan antara kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran (kelas kontrol) dan kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran (kelas eksperimen) berdasarkan perhitungan N-gain adalah 27,58. Hasil perhitungan pada uji hipotesis dengan uji âtâ diperoleh nilai thit lebih besar dari pada ttabel atau 4,72 > 1,68. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh metode kooperatif learning tipe STAD terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 2 Kalukubula. Kata Kunci : Metode Cooperative Learning Tipe STAD dan Hasil Belajar IPS. |