JudulPENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 11 BALAESANG |
Nama: UDARMAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Udarman 2019. Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN 11 Balaesang. Skripsi Program Stuti pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Huber Yaspin Tandi, dan Pembimbing (II) Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan metode sosiodrama kelas IV SDN 11 Balaesang. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen yang bersifat pre-eksperimental berupa One Group Pretest-Posttest Disign, yaitu untuk membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran. Masalah yang diteliti adalah Apakah ada pengaruh metode mengajar sosiodrama terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SDN 11 Balaesang? Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Sosiodrama. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 11 balaesang yang berjumlah 21 orang siswa, yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Hasil belajar siswa pada tes awal (Pre-test) diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 54,62 dengan ketuntasan belajar 33,33%. Sedangkan pada tes akhir (Post-test) skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 77,14 dengan ketuntasan belajar 76,19%. Berdasarkan persentase ketuntasan belajar pada tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Post-test), maka telah terjadi peningkatan sebesar 42.86?ri tes awal (Pre-test) sebesar 33.33?n tas akhir (Post-test) sebesar 76.19%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode sosiodrama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Metode Sosiodrama, Hasil belajar, Mata pelajaran IPS |