Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD KELAS IV SD INPRES 13 OVA PANTOLOAN
Nama: ANNA MEGASARI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Anna Megasari. 2019. Analisis Penerapan Metode Pembelajaran IPS SD Kelas IV SD Inpres 13 Ova Pantoloan . Skripsi, Program Studi Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Arif Firmansyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPS di SD. Analisis yang digunakan adalah dengan mengkaji kelemahan dan kelebihan dari metode pembelajaran yang digunakan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian ex post facto.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SD yang ada di SD Inpres 13 Ova Pantoloan, dengan tehnik pengambilan sampel adalah sampel purposive. Sampel penelitian adalah Siswa SD Kelas IV, di 2 kelas yaitu kelas IVa dan kelas IVb. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) terdapat perbedaan antara rencana dan penerapan metode pembelajaran di dalam kelas. Perbedaannya di kelas IVa secara faktuan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi, sedangkan kelas IVb menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. (2) Hasil dari penggunaan metode di dalam kelas tersebut, secara umum berhasil dengan rata-rata siswa telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Secara rinci pelaksanaan pembelajaran pada kelas IVa mencapai 89,29?ngan rata-rata 76,55 dan siswa yang tidak tuntas 9 orang, sedangkan kelas IVb 83,93?ngan rata-rata 77,32 dan siswa yang tidak tuntas 7. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru tergolong baik sehingga dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS efektif. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Guru, Dan Hasil Belajar IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up