Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES LEBO PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE BERMAIN PERAN
Nama: ANIARTIN
Tahun: 2021
Abstrak
Aniartin, 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Lebo pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Bermain Peran. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing : (I) Huber Yaspin Tandi., (II) Arif Firmansyah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di Kelas V SD Inpres Lebo. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yakni dengan menggunakan metode bermain peran. Subjek penelitian yakni siswa kelas V SD Inpres Lebo yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas guru dan siswa serta Tes hasil tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 36,36%. Pada siklus II hasil tes belajar mengalami peningkatan yakni diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 95,45%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode bermain peran, Hasil belajar, PKn.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up