JudulMENINGKATKAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMAN 6 PALU |
Nama: AGUSTINA ALLOBUNGA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Agustina Allobunga, 2025. Meningkatkan Pengetahuan Lingkungan Dalam Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Di Kelas XI SMA Negeri 6 Palu. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Ibu Haslita Rahmawati Hasan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Palu melalui implementasi lingkungan hidup. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Penelitian dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran outdoor study dan kelas kontrol yang menggunakan classroom learning. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada pengetahuan lingkungan siswa di kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai pre-test 46 dan post-test 87. Sebaliknya kelas kontrol hanya menunjukkan peningkatan dari rata-rata nilai pre-test 52 dan posttest menjadi 74. Uji T menunjukkan nilai signifikasi (p-value) 0,000, yang berarti terdapat pengaruh positif dari metode outdoor study terhadap pengetahuan lingkungan siswa. Maka kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis pengalaman di luar ruangan lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan lingkungan siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran dalam ruangan . Kata kunci : Pengetahuan lingkungan, Implementasi Pendidikan, Lingkungan Hidup |