Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MAN 3 Parigi
Nama: ERINA YULIANTI
Tahun: 2025
Abstrak
Erina Yulianti 2025. “Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Man 3 Parigi”. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana efektivitas model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di MAN 3 Parigi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X dengan Sampel yang ditentukan melalui teknik purposive sampling, sedangkan data dikumpulkan menggunakan instrumen pretest dan posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X, dengan kelas X C sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol kelaas B. Nilai pretest kelas eksperimen adalah 40.59 dan nilai postest kelompok eksperimen adalah 80,59, sedangkan nilai pretes kontrol adalah 41.18 dan nilai posttest kelompok kontrol adalah 77,63, menurut hasil analisis hipotesis yang dilakukan menggunakan program SPSS versi 25.0. Nilai (sig. 2-tailed) adalah 0,0188, kurang dari taraf signifikansi 0,05. Selain itu berdasarkan hasil kuesioner sebanyak 56% siswa memberikan tanggapan positif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berdampak positif yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa MAN 3 Parigi. Kata kunci: Model pembelajaran TGT, eksperimen, kemampuan berpikir kreatif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up