Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PALU
Nama: NUR AFNI
Tahun: 2025
Abstrak
Nur Afni, 2025. “Efektivitas Model Kooperatif Tipe Team Quiz Berbantuan Kahoot Terhadap Kreativitas Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Palu”. Skripsi. Prograf Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Exsa Putra S.Pd., M.Pd (Pembimbing 1). Khairurraziq, S.Pd., M.Pd (Pembimbing 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerapan model kooperatif tipe team quiz berbantuan kahoot terhadap kreativitas siswa kelas X di SMA Negeri 3 Palu dan untuk mengukur respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran model kooperatif tipe team quiz berbantuan kahoot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment dengan desain pretest dan posttest. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas (independent variables) dan variabel terikat (dependent variables). Teknik analisis data yang diterapkan meliputi Uji Indikator Kreativitas Siswa, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji T. Pada (pretest) di kelas kontrol, nilai tertinggi 73 dan nilai terendah 43, dengan rata-rata skor sebesar 60,87. Setelah perlakuan (PBL) nilai ratarata mencapai 77,9. Sementara itu, pada kelas eksperimen yang menerapkan model kooperatif tipe team quiz berbantuan kahoot, nilai (pretest) rata-rata meningkat menjadi 78,53. Hasil uji-t menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada pretest dan posttest kelas kontrol (p = 0,194 > 0,05), namun terdapat perbedaan signifikan pada pretest dan posttest kelas eksperimen (p = 0,007 < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe team quiz berbantuan kahoot efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar, yang dibuktikan dengan peningkatan skor posttest dibandingkan pretest. Respon siswa terhadap kreativitas berdasarkan indikator Fluency mencapai 45%, Fleksibilitas sekitar 25%, Orisinalitas 60%, dan Elaborasi sebesar 20%. Selain itu, respon siswa terhadap pemanfaatan kahoot dalam pembelajaran menunjukkan hasil positif sebesar 80%. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran yang diterapkan memberikan dampak positif terhadap keterlibatan aktif dan kolaborasi siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Model Tipe Team Quiz; Kahoot; Kuasi-eksperimen; Kreativitas Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up