JudulPERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPATIAL MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA MA AL-IKHLAS KARYA MUKTI |
Nama: MARIANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak MARIANI, A35121066, Perbandingan Kemampuan Berpikir Spatial Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Geografi Siswa MA Al-Ikhlas Karya Mukti, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir spatial menggunakan model Problem Based Learning dengan metode ceramah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan quasi eksperimen dengan pritest dan postest. Objek penelitian yaitu kelas X berjumlah dua kelas dengan jumlah peserta didik 40. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan postest untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir spatial melalui penerapan model Problem Based Learning pada materi dinamika litosfer. Test dianalisis menggunakan uji t test. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikan 0,000<0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir spatial antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model Promlem Based Learning dan peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan metode ceramah pada materi dinamika litosfer di kelas X MA Al-Ikhlas Karya Mukti. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Metode Ceramah, Kemampuan berpikir Spatial, Dinamika Litosfer. |