Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI STELLARIUM TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS X PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 2 SIRENJA
Nama: ABDUL FAJAR
Tahun: 2025
Abstrak
Abdul Fajar, 2025 “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Stellarium Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas X Pada Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 2 Sirenja”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Bapak Exsa Putra, S.Pd.,M.Pd (Pembimbing 1). Ibu Amalia Novarita, S.Pd.,M.Pd (Pembimbing 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Stellarium terhadap literasi sains siswa kelas X pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Sirenja dengan menggunakan Metode pendekatan kuantitatif desain quasi-eksperiment, menggunakan model nonequivalent prettest-posttest. Penelitian ini terkait dengan rendahnya hasil belajar dan literasi sains siswa, serta minimnya pemanfaatan pembelajaran berbasis media teknologi untuk proses pembelajaran. Penelitian melibatkan siswa dari kelas X-A sebagai kelompok eksperimen dan dari kelas X-C sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari prettest, posttest, lembar observasi, dan angket, serta dianalisis melalui berbagai uji statistik, termasuk uji reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Stellarium memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan literasi sains siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji-t dengan nilai signifikansi (2-tailed) dengan 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis nol (H?) ditolak dan hipotesis alternatif (H?) diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata rata hasil belajar kedua kelompok, yang menegaskan efektivitas penggunaan Stellarium dalam pembelajaran. Selanjutnya, pada respons siswa terhadap penilain aplikasi ini sangat positif, tercermin dari meningkatnya minat belajar, pemahaman terhadap konsep, serta keaktifan selama kegiatan pembelajaran, dengan mencapai 94% respon positif. Dengan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi Stellarium merupakan media yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa, khususnya dalam pembahasan materi tata surya pada mata pelajaran Geografi. Kata kunci: Stellarium, geografi, tata surya, literasi sains.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up