JudulEFEKTIVITAS MODEL JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RIO PAKAVA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: NI MADE SRI SUTIARINI |
Tahun: 2025 |
Abstrak NI MADE SRI SUTIARINI, 2025, Efektivitas Model Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efekttivitas model jelajah alam sekitar terhadap kemampuan pemahaman konsep geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel kelas XI D berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI E berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dengan jumlah populasi 50 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis, tes tulis diperoleh dari pretest dan postest 15 soal (PG). Hasil perhitungan hipotesis akhir (Uji t) menggunakan apliksi SPSS Versi 25.0 For Windows menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep geografi siswa kelas kontrol sebesar 68,9 sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 84,1 nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya hubungan antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 4,9?n sisanya 95,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak Ha diterima, artinya terdapat efektivitas model jelajah alam sekitar (JAS) terhadap kemampuan pemahaman konsep geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Kata Kunci: Jelajah Alam Sekitar (JAS), Pemahaman Konsep, Geografi, Sumber Daya Alam, Pembelajaran Kontesktual. |