JudulEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA LABSCHOOL UNTAD |
Nama: ASRIANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK ASRIANTI, A35121013, Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sma Labschool Untad, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap keterampilan komunikasi siswa mata pelajaran geografi di SMA Labschool Untad dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu kelas X B sebanyak 19 orang (kelas kontrol) dan kelas X f sebanyak 18 orang (kelas eksperimen) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi melalui serangkaian pengujian dan analisis data yang mencakup uji pretest dan posttest. Nilai pretest pada kelas eksperimen mencapai 45,94%, sedangkan nilai posttest meningkat menjadi 68,77%. Hasil perhitungan hipotesis akhir dengan menggunakan uji paired samples t test menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen probabilitasnya didapatkan sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Respon siswa dari penerapan model pembelajaran two stay two stray di lingkungan sekolah mendapatkan respon yang baik yaitu siswa yang setuju sebesar 71,75?n siswa yang tidak setuju sebesar 28,25%. Model two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran siklus hidrologi di kelas terlihat dari hasil yang menunjukkan adanya perbedaan yang cukup besar antara sebelum dan sesudah diterapkan. Kata Kunci: Model pembelajaran, Two Stay Two Stray, Keterampilan Komunikas |