JudulEFEKTIVITAS METODE FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI C DI SMA NEGERI 1 BANAWA |
Nama: MEI DINA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Mei Dina, 2025 ”Efektivitas Metode Field Trip Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Banawa”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu pengetahuan sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Dr. Ika Listiqowati, S.Pd., M.Pd (Pembimbing 1) Masalah penelitian yang ditemukan oleh peneliti yaitu: 1). guru selalu menggunakan metode ceramah yang membuat siswa jenuh untuk mengikuti pembelajaran, 2). Sebagian siswa sulit memahami materi geografi, jika hanya belajar dari buku atau penjelasan lisan, 3). Lingkungan kelas tidak mendukung interaksi sosial yang luas antar siswa. Dari adanya masalah tersebut menyebabkan hasil belajar geografi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode field trip terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI di SMA I Banawa. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan desain pre-eksperimental dengan pendekatan two grup pre test dan post test. Adapun hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan pengujian statistik yang menggunakan uji-t di kedua kelas eksperimen dan kontrol. Dimana kelas kontrol mendapatkan nilai pre test 52,95 dan nilai post test 77,28 sedangkan kelas eksperimen mendapatkan nilai pre test 51,20 dan nilai post test 84,66 . Uji t pada data diperoleh nilai signifikan yang di temukan 0,000 yang < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode field trip efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi kelas XIC di SMA Negeri 1 Banawa. Rekomendasi saran dari penulis yaitu, sekolah disarankan untuk lebih mengoptimalkan penggunaan metode field trip sebagai salah satu metode pembelajaran aktif dalam mata pelajaran Geografi. Kata Kunci : Metode Field Trip, Pembelajaran Geografi, Hasil Belajar |