JudulPengembangan Media Alat Peraga Batuan Terhadap Keterampilan Geoliterasi Siswa Pada Materi Litosfer Di SMAN 1 Tojo |
Nama: AKBAR MAULANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Akbar Maulana, 2025. ”Pengembangan Media Alat Peraga Batuan Terhadap Keterampilan Geoliterasi Siswa Pada Materi Litosfer di SMAN 1 Tojo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu pengetahuan sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Dr. Widyastuti, S.Si., M.Si (Pembimbing 1). Exsa Putra, S.Pd., M.Pd (Pembimbing 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Alat Peraga Batuan yang valid pada mata pelajaran Geografi kelas X IPS SMAN 1 Tojo. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Alessi dan Trollip (2001). Langkah langkah dalam penelitian dan pengembangan ini ada 3 tahap yaitu, Perencanaan (Planning), Desain (Design) dan Pengembangan (Development). Penelitian ini juga menggunakan analisis data skala likert yang berkiteria 4 tingkat kevalidan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran Alat peraga batuan yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan geoliterasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran alat peraga batuan yang dikembangkan telah dinyatakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran alat peraga batuan berdasarkan penilaian: 1) ahli media diperoleh persentase skor sebesar 91,66%. dengan kriteria sangat valid; 2) ahli Praktisi diperoleh persentase skor sebesar 97,61%. dengan kriteria sangat valid; 3) ahli materi diperoleh persentase skor sebesar 90,27?ngan kriteria sangat valid. Penilaian kevalidan media dari siswa yang didapatkan melalui uji coba produk pada kelompok kecil yaitu diperoleh persentase rata rata sebesar 91,73?ngan kriteria sangat valid. Siswa diberikan tes keterampilan geoliterasi dengan rata rata persentase mencapai 94,22%. Dengan demikian media pembelajaran alat peraga batuan terbukti dapat meningkatkan keterampilan geoliterasi siswa di SMA N 1 Tojo. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Alat Peraga Batuan, Keterampilan Geoliterasi, Jenis jenis batuan. |