JudulPengembangan E-modil Pada Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Sigi |
Nama: ELI WAHYUNI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahan ajar yang kurang efektif dan tidak menarik dan masih jarangnya bahan ajar berupa e-modul pada pembelajaran. Tujuan penelitia adalah untuk mengembangkan e-modul pada pembelajran geografi terhadap literasi lingkungan siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D) model desain ADDIE tetapi hanya sampai tiga tahap yaitu, analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development). Berdasarkan data hasil penelitian dari ahli validasi media kevalidan/kelayakan sebesar 78,12%. Penilaian ahli materi memperoleh kelayakan/kevalidan sebesar 92,03%. Ahli praktisi/guru mata pelajaran geografi di peroleh kevalidan dan kelayakan sebesar 80%. Uji coba kelompok kecil memperoleh kevalidan/kelayakan sebesar 85,91%. Berdasarkan uji one-sample t test untuk menguji kemampuan literasi lingkungan siswa, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 (sig 0,001 < 0,05) sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan Ha diterima (nilai rata-rata hasil belajar siswa tidak sama dengan 61). Maka didapatkan nilai rata-rata post test hasil belajar siswa yaitu 86 lebih besar di bandingkan dengan 61 dengan kategori sangat baik dan efektif. Jadi dapat dikatakan produk e-modul pada pembelajaran geografi untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa kelas XI SMA Negeri 4 Sigi sangat valid dan efektif untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa dikelas. Kata Kunci: E-modul, Literasi lingkungan, Pengembangan |