JudulPENGEMBANGAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI EKOLOGI MATERI SUMBER DAYA ALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA |
Nama: MOH RISKI DEWATA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Moh Riski Dewata, 2024. Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Ekologi Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran Geografi SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing. Zumrotin Nisa, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui validitas isi dan empiris soal asesmen kompetensi minimum literasi ekologi materi sumber daya alam mata pelajaran geografi SMA (2) untuk mengetahui reliabilitas soal asesmen kompetensi minimum literasi ekologi materi sumber daya alam mata pelajaran geografi SMA (3) untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran soal asesmen kompetensi minimum literasi ekologi materi sumber daya alam mata pelajaran geografi SMA. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian terdiri 2 ahli dan 1 praktisi pendidikan geografi dan 94 peserta didik kelas XI SMA Negeri di Palu. Hasil penelitian menunjukkan soal layak berdasarkan (1) Hasil validitas isi menunjukkan bahwa soal sangat layak secara materi, konstruksi, dan bahasa, dengan rerata skor 84.76 dari skor maksimal 315 (2) Hasil uji validitas empiris diperoleh 22 soal valid dan 3 tidak valid. (3) Hasil uji reliabilitas diperoleh koefisien 0,702 yang berarti reliabel. (4) Hasil uji daya beda diperoleh 7 butir soal sangat baik, 13 baik, 4 cukup dan 1 soal jelek. (5) Hasil uji tingkat kesukaran diperoleh hasil 6 butir soal sukar, 18 sedang, dan 1 mudah. Secara keseluruhan, soal memiliki kualitas yang baik, meskipun memerlukan revisi. Rekomendasi yang disarankan adalah soal disempurnakan dengan revisi dan uji coba kembali. Kata Kunci: Pengembangan, Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi Ekologi |