JudulPengaruh Model Pembelajaran Interaktif Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Wordwall Terhadap Literasi Geografi Siswa Kelas X Di MA AN-Nur Gio Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: NISPA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nispa, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Wordwall Terhadap Literasi Geografi Siswa Kelas X Di MA AN-Nur Gio Kabupaten Parigi Moutong. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Permasalahan yang di temukan di lapangan bahwa selama proses pembelajaran dikelas, siswa jarang bertanya, kesulitan dalam mengungkapkan pendapat mereka, kegiatan siswa terbatas dimana hanya mendengarkan dan mencatat materi pembelajaran dengan bahan ajar buku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Game Based Learning menggunakan aplikasi Wordwall Terhadap literasi geogragi siswa kelas X pada Pembelajaran Geografi Di MA An-Nur Gio. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, tes, serta dokumentasi untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif game based learning menggunakan aplikasi Wordwall terhadap literasi Geografi siswa. Melalui serangkaian pengujian dan analisis data yang mencakup uji pretest dan posttest, serta penerapan berbagai uji analisis menggunakan aplikasi SPSS IBM 25. Berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan nilai antara kelas posttest dan kelas eksperimen, kelas kontrol mencapai 69,16, Posttest mencapai 83,46 ini membuktikan bahwa Model pembelajaran interaktif Game Based Learning menggunakan aplikasi Wordwall memiliki pengaruh untuk meningkatkan literasi Geografi siswa di MA AN-Nur Gio Kabupaten Parigi Moutong. Kata kunci: Game Based Learning, Wordwall, Literasi Geografi |