Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS TINGKAT LITERASI GEOGRAFI TERHADAP PENDIDIKAN KEBENCANAAN DI SMA LABSCHOOL UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: HAYYIN QORI'ATUS SHOLIKHAH
Tahun: 2025
Abstrak
Hayyin Qori’atus Sholikhah (A351 20 060) “Analisis Tingkat Literasi Geografi Terhadap Pendidikan Kebencanaan di SMA Labschool Universitas Tadulako”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Amalia Novarita. Literasi geografi merefleksikan sejauh mana peserta didik memahami hubungan antara manusia dan lingkungan, keterkaitan antar ruang, konsekuensi dari interaksi geografi, serta kesadaran dan kemampuan dalam menghadapi risiko bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat literasi geografi peserta didik dalam konteks pendidikan kebencanaan di SMA Labschool Universitas Tadulako. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas XI dan XII pada jurusan Ilmu-ilmu Sosial (IIS) dan Matematika dan Ilmu Alam (MIA). Sampel penelitian berjumlah 50 peserta didik yang berasal dari kelas XI IIS, XI MIA 1, XI MIA 2, dan XII IIS. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan kuesioner yang disusun berdasarkan enam indikator literasi geografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki tingkat literasi geografi yang tinggi, dengan 66% siswa tergolong "Baik Sekali", 32% "Baik", dan hanya 2% "Kurang". Hasil kuesioner pendidikan kebencanaan mengungkapkan bahwa indikator pemahaman dan sikap memperoleh skor tinggi 78,4?n 78,8%, namun aspek tindakan masih tergolong rendah 59,6%. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun siswa memahami dan memiliki sikap positif terhadap kebencanaan, kemampuan siswa dalam bertindak saat bencana masih perlu ditingkatkan. Kata Kunci: Literasi Geografi, Pendidikan Kebencanaan, Kesiapsiagaan Bencana

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up