Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 2 PALU
Nama: NUR RAHMI. A
Tahun: 2025
Abstrak
Nur Rahmi. A 2025, “Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Pembelajaran Geografi Kelas XI Di SMA Negeri 2 Palu”. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Arifuddin Abd Muis, S.Pd., M.Pd Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implementasi, dan Evaluasi) bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli pada pelajaran Geografi kelas XI di SMA Negeri 2 Palu. Dalam penelitian ini, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Dari hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menghasilkan:(1) Produk permainan monopoli yang terdiri dari desain media pembelajaran monopoli, aturan permainan, kartu langkah, kartu pertanyaan, dan bintang penghargaan.(2) Presentasi hasil validasi pengembangan produk dari para ahli. Validator ahli materi mendapatkan presentase 95,45?ngan kategori sangat layak, Validator ahli media mendapatkan presentase 97,72?ngan kategori sangat layak, dan Validator ahli praktisi mendapatkan presentase 93,75?ngan kategori sangat layak. (3) Hasil uji coba kelompok kecil, dari 30 siswa kelas XI C di SMA Negeri 2 Palu, peneliti menemukan presentase 80,75?ngan kategori layak, menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli yang dibuat sangat baik dan dapat digunakan, dan menarik minat siswa untuk belajar tentang geografi. Kata Kunci: Pengembangan Media, Permainan Monopoli, Pembelajaran Geografi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up