JudulAPLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN CREATIVITY SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA LABSCHOOL UNIVERSITAS TADULAKO. |
Nama: AYURISKA AMALIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2024 di SMA Labschool Universitas Tadulako bahwa media pembelajaran yang digunakan masih cenderung bersifat konvensional, seperti penggunaan buku paket dan gambar diam. Pemanfaatan media tersebut membuat siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada kurangnya creativity siswa. Siswa menjadi kurang termotivasi dan terbatas dalam mengeksplorasi ide-ide creativity selama pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji efektivitas penggunaan aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan creativity siswa kelas X di SMA Labschool Universitas Tadulako pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, tes, serta dokumentasi untuk mengetahui efektivitas aplikasi Tiktok dalam meningkatkan creativity siswa. Melalui serangkaian pengujian dan analisis data yang mencakup uji pretest dan posttest, serta penerapan berbagai uji analisis menggunakan aplikasi SPSS IBM 25. Berdasarkan hasil Hasil uji n-gain pada kelas eksperimen sebesar 36,33% sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 4,51%, sehingga dapat disimpulkan bahwa n-gain pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan nilai posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, kelas kontrol mencapai 79,12 sedangkan posttest kelas eksperimen mencapai 87,65 ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi Tiktok memang efektif untuk meningkatkan creativity siswa kelas X di SMA Labschool Universitas Tadulako. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran menggunakan aplikasi Tiktok memiliki pengaruh terhadap tingkat creativity siswa kelas X pada mata pelajaran Geografi di SMA Labschool Universitas Tadulako. Kata Kunci: Efektivitas, Creativity, Media Pembelajaran. |