Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI
Nama: WALDAYANTI M. UMAR
Tahun: 2025
Abstrak
Waldayanti M. Umar 2024, Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 2 Palu. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujua untuk mengembangangkan media pembelajaran ular tangga pada pembelajaran Geografi di kelas XI SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implementasi, Evaluasi). Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah di lakukan menghasilkan: (1) Produk permainan ular tangga yang memiliki beberapa komponen yaitu, Desain media pembelajaran ular tangga yang disertai d engan aturan jalan mainya spin permainan, dan kartu pelanggaran. (2) Presentase hasil validasi pengembangan produk dari para ahli. Hasil dari validator ahli mteri mendapatkan presentse 100?ngan kategori sangat layak, Validator ahli media mendapatkan presentase 100?ngan kategori sangat layak, dan validator ahli praktisi mendapatka presentase 97,91?ngan kategori sangat layak.(3) Hasil uji coba kelompok kecil Hasil uji coba kelompok kecil pada siswa kelas XI K di SMA Negeri 2 Palu dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang, peneliti mendapatkan presentase sebesar 85,22?ngan kategori layak, yang berarti media pembelajaran ular tangga yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk di gunakan dan menarik minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up