JudulEFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN COLLABORATION SKILL PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 4 PALU |
Nama: DINI WULANDARI |
Tahun: 2025 |
Abstrak DINI WULANDARI, A35120049, Efektivitas Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Collaboration Skill Peserta didik Kelas X di SMA Negeri 4 Palu, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Permasalahan yang ditemukan di sekolah adalah keterampilan kolaborasi peserta didik masih kurang. Ditemukan bahwa saat bekerja dalam kelompok, banyak peserta didik yang tidak mau mengambil peran aktif dan lebih mengandalkan teman kelompoknya untuk menyelesaikan tugas. Hal ini mengakibatkan pembagian tugas dalam kelompok menjadi tidak merata dan tidak sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta didik. Untuk mengatasi hal ini, guru mengambil peran langsung dalam pembelajaran untuk memastikan pembagian tugas yang adil dan partisipasi yang merata. Maka penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran Project Based learnig (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dikelas X IPS pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen). sampel penelitian ini adalah 71 peserta didik yaitu kelas X B sebanyak 34 orang (kelas kontrol) dan kelas X C sebanyak 32 orang (kelas eksperimen) yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, rubrik penilaian, dokumentasi. Data diperoleh dari hasil post-test dan kemudian dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji N-Gain. Uji normalitas dan uji homogenitas dilaksanakan sebelum analisis data dilakukan. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh 0,004 yang < 0,005. Dengan demikian H1 diterima, yang menyatakan ada perbedaan keterampilan kolaborasi antar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan peserta didik yang diajarkan dengan model konvensional/ceramah. Maka implementasi project based learning efektiv dalam meningkatkan collaboration skill peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran, Project Based Learning, Keterampilan Kolaborasi |