JudulEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED FLIPPED CLASSROOM (PJBFC) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISW A KELAS XII IPS SMA NEGERI 6 SIG |
Nama: AULIA WIDYA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Permasalahan yang ditemukan dilapangan adalah bahwa selama proses pembelajaran dikelas, siswa jarang bertanya, kesulitan dalam mengungkapkan pendapat mereka, kegiatan siswa terbatas pada mendengarkan penjelasan dan mencatat materi yang disampaikan dan pemberian tugas kepada siswa hanya membuat PPT. Maka tujuan dalam Penilitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Flipped Classroom (PjBFC) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas XII IPS SMA Negeri 6 Sigi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 6 Sigi, dengan sampel yang terdiri dari siswa kelas XII IPS 4 sebanyak 31 siswa (kelas kontrol) dan kelas XII IPS 5 sebanyak 35 siswa (kelas eksperimen), yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, rubrik penilaian kreativitas, dan dokumentasi. Data diperoleh dari hasil post-test dan dianalisis menggunakan uji hipotesis dengan uji-t dan uji N-Gain. Sebelum analisis data dilakukan, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga H1 diterima, yang menunjukkan adanya perbedaan keterampilan kreativitas antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Flipped Classroom (PjBFC) dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL. Dari hasil uji N-Gain, nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 59,88?ngan kategori cukup efektif, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 80,66?ngan kategori efektif. Dengan demikian, model pembelajaran Project Based Flipped Classroom (PjBFC) terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa. Kata Kunci : Model, pembelajaran PjBFC dan kreativitas. |