JudulPENGARUH MODUL PEMBELAJARAN SUMBER DAYA ALAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGATA TORO TERHADAP LITERASI EKOLOGI DI SMA NEGERI 5 SIGI |
Nama: SAFIRAH NUR ALYA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Safirah Nur Alya, 2024. “Pengaruh Modul Pembelajaran Sumber Daya Alam Berbasis Kearifan Lokal Ngata Toro Terhadap Literasi Ekologi Di SMA Negeri 5 Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Krguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Rendra Zainal Maliki, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran sumber daya alam berbasis kearifan lokal Ngata Toro terhadap literasi ekologi di SMA Negeri 5 Sigi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen semu (quasi experimen) dengan desain penelitian untreated control group design with dependent pretest and posstest samples. Populasi yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol, keseluruhan populasi yaitu 58 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis sebanyak 20 nomor (PG). Hasil penelitian melalui perhitungan hipotesis (uji t) dengan menggunakan program IBM SPSS versi 27 menunjukkan bahwa berdasarkan nilai rata-rata yang diterima yaitu posttest kelas eksperimen 79.17 dan posttest kelas kontrol 60.18, dan nilai Sig.(2-tailed) yang diperoleh yaitu 0.001 dan artinya lebih kecil dari 0.05 (Sig.0.001<0.05) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji data diketahui terdapat pengaruh modul pembelajaran sumber daya alam berbasis kearifan lokal Ngata Toro terhadap literasi ekologi di SMA Negeri 5 Sigi. Kata Kunci: Modul, Materi Sumber Daya Alam, Literasi Ekologi Safirah Nur Alya, 2024. "The Effect Of Natural Resources Learning Module Based On Ngata Toro Local Wisdom On Ecological Literacy In Public High School 5 Sigi". Thesis. Geography Education Study Program, Department of Social Science Education, Faculty of Vocational and Education Sciences, Tadulako University, Supervisor Rendra Zainal Maliki, S.Pd., M.Pd. This study aims to determine the effect of Ngata Toro local wisdom-based natural resources learning module on ecological literacy at SMA Negeri 5 Sigi. This research is a quantitative study in the form of a quasi experiment with a research design untreated control group design with dependent pretest and posstest samples. The population used is XI IPS 1 class with 30 students as the experimental class and XI IPS 2 class with 28 students as the control class, the total population is 58 people. The research instrument used was a written test of 20 numbers (PG). The results of the study through hypothesis calculation (t test) using the IBM SPSS version 27 program show that based on the average value received, the experimental class posttest is 79.17 and the control class posttest is 60.18, and the Sig. (2-tailed) value obtained is 0.001 and means less than 0.05 (Sig.0.001<0.05) meaning that HO is rejected and Ha is accepted. It can be concluded based on the results of the data test that there is an effect of the Ngata Toro local wisdom-based natural resource learning module on ecological literacy at SMA Negeri 5 Sigi. Keywords: Module, Natural Resources Material, Ecological Literacy |