JudulPEMETAAN MEDIA PROMOSI PAPAN REKLAME BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KOTA PALU |
Nama: AGUS INDRA WINATA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Agus Indra Winata, 2025, “Pemetaan Media Promosi Papan Reklame Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) Di Kota Palu”. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Iwan Alim Saputra, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan media promosi papan reklame berbasis sistem informasi geografis (SIG) di Kota Palu. Pemetaan terkait dengan papan reklame sangat berperan dalam beberapa aspek yang sangat penting seperti, bagaimana pola sebaran papan reklame di Kota Palu? dan bagaimana tingkat kerapatan media promosi papan reklame di Kota Palu? Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif (Qualitative Approach) dengan pendekatan keruangan (Spatial Apprroach), dengan cara melakukan analisis pola keruangan (Spatial Pattern Analysis) tentang pola sebaran serta tingkat kerapatan papan reklame di Kota Palu. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menunjukan bahwa pola sebaran papan reklame dan tingkat kerapatan papan reklame yang diperoleh dari data pemetaan survei lapangan dan pengambilan titik koordinat papan reklame di Kecamatan Palu Timur. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pola sebaran papan reklame di Kecamatan Palu Timur memiliki gambaran pola sebaran clustered (mengelompok) menunjukan bahwa pola distribusi ini mencerminkan strategi pemasangan reklame yang mempertimbangkan kepadatannya di kawasan dengan arus lalu lintas tinggi, sehingga meningkatkan jangkauan iklan dalam waktu singkat. Selain itu, keberadaan pusat bisnis, perkantoran, dan fasilitas umum di sekitar lokasi. penelitian ini menunjukan bahwa ada 4 jenis reklame pola sebaran berupa clustered (mengelompok), sedangkan papan reklame vidiotron, Peneliti mendapatkan temuan bahwa tanpa menggunakan analisis Nearest Neighbor Ratio (NNR) di ArcGIS 10.4, pola persebaran vidiotron sudah dapat dikenali oleh peneliti sebagai pola teratur (dispersed). Dikarenakan bahwa jumlah reklamenya yang sedikit mengakibatkan pada saat perhitungan analisis nearest neighbor nilai Z-score menunjukan angka positif. Kerapatan papan reklame dihitung menggunakan poin density menjadi empat kelas: jarang, cukup rapat, rapat, dan sangat rapat. Klasifikasi ini ditampilkan pada peta dengan warna berbeda: hijau (sangat jarang, berjauhan), hijau muda (cukup rapat, tidak terlalu jauh), oranye (rapat), dan merah (sangat rapat atau padat). Kata Kunci: Pemetaan, Reklame, Pola Sebaran, Kerapatan |