Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Augmented Reality (AR) Untuk Media Pembelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Gempa Bumi
Nama: WINDY YUNITA SARI
Tahun: 2025
Abstrak
Windy Yunita Sari, A35120022, Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Untuk Media Pembelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Gempa Bumi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Augmented Reality untuk pembelajaran geografi materi mitigasi bencana dan mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran Augmented Reality untuk pembelajaran geografi materi mitigasi bencana gempa bumi kelas XI SMA Negeri 6 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang telah dimodifikasi menjadi 4 tahap yaitu, Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development) pelaksanaan (implementation). Penelitian ini menggunakan analisis data skala likert yang berkiteria empat tingkat kevalidan. Berdasarkan hasil uji coba media pembelajaran, diperoleh hasil persentase validasi ahli media sebesar 85,29?ngan kriteria penilaian sangat valid, hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 91,17?ngan kriteria penilaian sangat valid, hasil validasi ahli praktisi diperoleh persentase sebesar 95,31?ngan kriteria penilaian sangat valid. Penilaian kevalidan media dari siswa yang didapatkan melalui uji coba produk pada kelompok kecil yaitu diperoleh persentase skor sebesar 85,17?ngan kriteria penilaian sangat valid. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media pembelajaran Augmented Reality mendapatkan respon positif dari peserta didik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran geografi. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Augmented Reality

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up