Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BEPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 6 PALU
Nama: NURUL MAGFIRA. T.BANTENYA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana model Problem Based Learning mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X mata pelajaran geografi di SMA Negeri 6 Palu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif desain pre-ekperimen tipe One Group Pretest-Postest Design analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan Software SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Presentasi keterlaksanaan model Problem Based Learning 91?rlangsung dengan baik (2) Berdasarkan rentang nilai kemampuan berpikir kritis data nilai Pretest sebelum pelaksanaan model Problem Based Learning sebanyak 17 siswa mendapatkan kriteria nilai baik dan 18 siswa dengan kriteria nilai cukup sedangkan data nilai Postest setelah pelaksanaan model Problem Based Learning sebanyak 35 siswa mendapatkan kriteria nilai baik (3) Persepsi ketertarikan siswa terhadap model Problem Based Learning 95%. Hasil persamaan regresi Y = 14.338 + 0.778X konstanta positif (+) 14.338 artinya variabel independen model Problem Based Learning berpengaruh positif (+) terhadap variabel dependen kemampuan berpikir kritis dan koefisien regresi 0.778 artinya jika variabel independen mengalami kenaikan satu satuan maka variabel dependen mengalami peningkatan 0.778 atau 77,8%. Rhitung 6.678 > Rtabel 0.3338 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X mata pelajaran geografi di SMA Negeri 6 Palu dengan besar pengaruh sebesar 0.575 atau 57.5% sedangkan sisanya 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up