Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Berbantuan Barcode Pada Materi Geografi Di Kelas XI SMA Negeri 4 Sigi
Nama: WULAN SRIYANA
Tahun: 2025
Abstrak
Wulan Sriyana 2024, “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Mnopoli Berabantuan Barcode Pada Materi Geografi Di Kelas XI SMA Negeri 4 Sigi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rendra Zainal Mailiki S,Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli berbantuan barcode yang valid pada materi geografi di kelas XI SMA Negeri 4 sigi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan menggunakan model desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tetapi hanya sampai tiga tahap yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development). Subjek penelitian yaitu validasi oleh validator dan praktikalitas dilakukan oleh guru geografi, serta siswa kelas XI IPS 1 sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dekriptif kuantitatif dilakukan dengan cara menganalisis data kuantitatif berupa angka yang diperoleh dari angket. Berdasarkan data hasil penelitian pengembangan media pembelaajaran permaianan monopoli berbantuan barcode pada materi geografi di kelas XI SMA Negeri 4 Sigi, yang dikembangkan menunjukan hasil penilaian dari validasi media kevalidan dan kelayakan sebesar 97,22%%. Penilaian dari ahli materi memperoleh kelayakan/kevalidan sebesar 91,66. Ahli praktis/guru mata pelajaran geografi di peroleh kelayakan/kevalidan sebesar 91,66%. Kata kunci: Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Materi Geografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up