Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Nama: FADIL
Tahun: 2025
Abstrak
Fadil, 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi Dinamika Hidrosfer di Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing Rendra Zainal Maliki, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran Augmented Reality pada materi dinamika hidrosfer di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model 4D (Four-D). Model 4D ini terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh hasil validasi ahli media sebesar 100%, validasi media berada pada kualifikasi sangat layak digunakan, hasil validasi materi bedasarkan persentase sebesar 84?rada pada kualifikasi sangat layak untuk digunakan, dan hasil validasi praktisi sebesar 95?rada pada kualifikasi sangat layak digunakan. Hasil uji coba skala terbatas yang dilakukan memiliki persentase sebesar 96% dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality pada materi dinamika hidrosfer di SMA ini dapat digunakan di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan media, Augmented Reality, materi dinamika hidrosfer

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up