JudulPENGEMBANGAN MODUL MATERI SUMBER DAYA ALAM BERMUATAN KEARIFAN LOKAL NGATA TORO |
Nama: RAHMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk modul pembelajaran materi sumber daya alam bermuatan kearifan lokal Ngata Toro. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian dan pengembangan ini memiliki lima tahapan proses namun hanya dilakukan sampai tahap ketiga yaitu tahap Analysis, tahap Design, dan tahap Development. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan kevalidan dari ahli materi memperoleh persentase 74?ngan kualifikasi layak, ahli desain memperoleh persentase 85?ngan kualifikasi sangat layak dan ahli praktisi/guru memperoleh persentase 74?ngan kulifikasi layak. Rata-rata validasi ketiga validator yaitu, memperoleh persentase 78?ngan kualifikasi layak. Hasil uji coba yang telah dilakukan pada kelompok kecil untuk melihat keterbacaan dan kemenarikan modul memperoleh persentase 90?ngan kualifikasi sangat layak dan tidak perlu revisi. Hal ini menunjukkan bahwasannya modul pembelajaran materi sumber daya alam bermuatan kearifan lokal Ngata Toro dapat digunakan disekolah. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Kearifan Lokal ABSTRACT This study aims to produce a learning module product on natural resources material with Ngata Toro local wisdom. This type of research is research and development (R&D) which uses the ADDIE development model. This research and development procedure has five stages of the process but is only carried out until the third stage, namely the Analysis stage, the Design stage, and the Development stage. The results of this research and development show the validity of the material experts obtained a percentage of 74% with decent qualifications, design experts obtained a percentage of 85% with very decent qualifications and practitioner/teacher experts obtained a percentage of 74% with decent qualifications. The average validation of the three validators, namely, obtained a percentage of 78% with decent qualifications. The results of the trials that have been conducted in small groups to see the readability and attractiveness of the module obtained a percentage of 90% with very decent qualifications and no need for revision. This shows that the learning module of natural resources material with Ngata Toro local wisdom can be used at school. Keywords: Development, Module, Local Wisdom |