JudulEfektifitas Penggunaan Media Creative Visual Aids Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X Materi Tata Surya Di SMA Negeri 1 Momunu Kabupaten Buol |
Nama: YUNIARSIH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Yuniarsih, 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Creative Visual Aids Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X Materi Tata Surya Di SMA Negeri 1 Momun Kabupateh Buol”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas penggunaan media creative visual aids terhadap hasil belajar geografi kelas x materi tata surya di SMA N 1 Momunu Kab.Buol. Metode penelitian yang digunakan adalah meotde kuantitatif dengan quasi-ekperimen design dan teknik pengumpulan data digunakan melalui pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Media Creative Visual Aids sebagai variabel penelitian. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 dan X IIS 2 di SMA N 1 Momunu Kab.Buol, dengan X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan hipotesis akhir (Uji t) menggunaakan aplikasi SPSS Versi 22.0 For Windows menunjukkan bahwa postets kelas kontrol 65,50 dan posttest kelas eksperimen yaitu 83,04 sedangkan nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya efektifitas penggunaan media creative visual aids berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA N 1 Momunu. Kata Kunci : Creative Visual Aids, Hasil Belajar Geografi, Quasi- Eksperimen Design |