JudulPEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 7 PALU |
Nama: IRNAWATI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Irnawati, 2024. “ Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 7 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X di SMA Negeri 7 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan Desain eksperimen semu. Sampel penelitian diambil dengan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data digunakan melalui pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sebagai variabel penelitian. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 8 dan siswa kelas X 9 di SMA Negeri 7 Palu. X 9 sebagai kelas eksperimen dan X 8 sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan hipotesis akhir (Uji t) menggunakan aplikasi SPSS versi 29.0 For Windows menunjukkan bahwa posttest kelas kontrol 53,04 dan posttest kelas eksperimen 84,00 sedangkan nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,000? 0,05 Besarnya hubungan antara variabel X dan variabel Y yaitu 9,8?n sisanya 91,2% di pengaruhi oleh variabel-variabel lain. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran geografi berpengaruh terhadap peningkatan akivitas belajar siswa kelas X di SMA Negeri 7 Palu. Kata kunci : Pemanfaatan Lingkungan, Aktivitas Belajar Geografi, DesanEksperimen Semu |