JudulPENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 6 PALU |
Nama: IBRAHIM |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI IPS mata pelajaran geografi pada materi sumber daya alam (SDA) di SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan sampel kelas XI IPS 2 berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dan XI IPS 1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 83 orang. Intrumen penelitian berupa tes tulis dan tes non tulis, tes tulis diperoleh dari pretest dan postest 15 soal (PG) dan 3 soal (Esay) sedangkan tes non tulis diperoleh dari hasil lembar penilaian diskusi dan portofolio. Hasil perhitungan hipotesis akhir (Uji t) menggunaakan aplikasi SPSS Versi 22.0 For Windows menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa kelas kontrol sebesar 75,1 sedangkan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai yaitu sebesar 85,7 nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya hubungan antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 4,9?n sisanya 95,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI IPS mata pelajaran geografi di SMA Negeri 6 Palu. Kata Kunci: Jelajah Alam Sekitar, Quasi Eksperimen, Kemampuan Berfikir Kritis |