Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Litosfer Kelas XI IPS 1 Di SMA Negeri 1 Lakea
Nama: FRISKA YASTIKA
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran yang valid pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Lakea. Metode penelitian adalah penelitian Research and Development (R &D), dengan menggunakan model pengembangan Allesi dan Trollip, Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian dan pengembangan ini, Ada 3 tahap yaitu, Perencanaan (Planning), Desain (Design), dan Pengembangan (Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan video pembelajaran sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) ahli materi diperoleh presentase skor sebesar 96?ngan kriteria penilaian kualifikasi sangat baik; 2) ahli media diperoleh persentase skor sebesar 76?ngan kriteria penilaian kualifikasi baik; 3) ahli praktisi diperoleh persentase skor sebesar 82?ngan kriteria penilaian kualifikasi baik. Penilaian media dari siswa yang sebesar 79?ngan kriteria penilaian kualifikasi baik yang menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada materi litosfer kelas XI layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up