JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 9 PALU. |
Nama: SARIFUDIN S. TOLODO |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Sarifudin S. Tolodo, 2025 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IIS Di SMA Negeri 9 Palu. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Nurvita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar geografi kelas XI SMA Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan sampel kelas XI IIS 1 berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 2 berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dengan jumlah populasi sebanyak 77 orang. Instrumen penelitian berupa tes tulis, diperoleh dari pretest dan postest 20 soal pilihan ganda. Hasil perhitungan hipotesis akhir (Uji t) menggunakan aplikasi SPSS Versi 25.0 For Windows menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 80.77 sedangkan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai yaitu sebesar 87,69 nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS Mata Pelajaran Geografi Pada Materi letak Indonesia secara astronomis,geografis dan geologis pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 9 Palu. Kata Kunci : Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Quasi Eksperimen, Hasil Belajar Siswa. ABSTRACT Sarifudin S. Tolodo, 2025 The Influence of the Guided Inquiry Learning Model on Student Learning Outcomes in the Class XI IIS Geography Subject at SMA Negeri 9 Palu. Geography Education Study Program, Department of Social Sciences, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Supervisor Nurvita. This research aims to find out whether there is an influence of guided inquiry learning on geography learning outcomes for class XI SMA Negeri 9 Palu. This type of research is quasi-experimental research with a quantitative approach using a sample of class XI IIS 1 totaling 26 students as the experimental class and XI IIS 2 totaling 26 students as the control class with a population of 77 people. The research instrument is a written test, obtained from the pretest and posttest with 20 questions (PG). The results of the final hypothesis calculation (t test) using the SPSS Version 25.0 For Windows application show that the average value of student learning outcomes in the control class is 80.77, while in the experimental class the average value is 87.69, a significant value (sig) (2-tailed ) of 0.001 < 0.05, it can be concluded that there is an influence of the use of the Guided Inquiry Learning Model on the Learning Outcomes of Class Keywords: Guided Inquiry Learning, Quasi Experiment, Student Learning Outcomes. |