JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS X IIS MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: DITA MARLINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Dita Marlina, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X lis Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 9 Palu. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan limu pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Amalia Novarita, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation (Gl) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IIS Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan sampel kelas X IIS 1 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X IIS 2 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 64 oran orang Intrumen penelitian berupa tes soal essay, tes soal essay diperoleh dari pretest dan postest 10 soal (Esay). Hasil perhitungan hipotesis akhir (Uji 1) menggunaakan aplikas? SPSS Versi 25.0 For Windows menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 61,6 sedangkan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai yaitu sebesar 83,9 nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,0000,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran group nvestigation (GI) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IIS Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 9 Palu Kata Kunci: Model group investigation, Kemampuan Berpikir Analitis, pembelajaran geografi |