JudulFAKTOR PENDORONG MASYARAKAT BERDAGANG DI DAERAH RAWAN TSUNAMI KELURAHAN TALISE KECAMATAN MANTIKULORE KOTA PALU |
Nama: SITTY MADINAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Sitty Madinah, 2023, Faktor Pendorong Masyarakat Berdagang Di Daerah Rawan Tsunami Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Amalia Novarita, S.Pd., M.Pd. Abstrak: Penelitian ini membahas tentang faktor pendorong masyarakat berdagang di daerah rawan tsunami Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore Kota Palu dimana kebutuhan akan ruang lahan yang semakin banyak bermunculan dikarenakan pertumbuhan ekonomi dan kenaikan paras laut, salah satunya pembangunan tanggul yang dimana akibat pembangunan tanggul berdampak pada penurunan pendapatan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sudah dipastikan mengandalkan keberlangsungan hidupnya pada lahan-lahan baru namun lahan-lahan yang terdapat di daratan semakin sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor pendorong masyarakat berdagang di daerah rawan tsunami Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mendorong responden yaitu: pertama berdasarkan karakteristik pedagang kaki lima di daerah pesisir Teluk Palu rata-rata sudah lama usaha yang didirikan dalam membuka usahanya kurang lebih selama 10 tahun, kedua keramaian lokasi, meski sudah ditetapkan sebagai wilayah rawan bencana, namun pemerintah Kota Palu tidak melarang masyarakat untuk beraktivitas di sepanjang pesisir Teluk Palu karena relokasi tempat yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Palu yaitu Hutan Kota belum memberikan alternatif lain kepada pedagang kaki lima apabila keberatan atas biaya sewa maka PKL harus diarahkan kemana untuk mengembangkan usaha, dan ketiga akses sangat mudah dijangkau oleh masyarakat sehingga menunjukkan tingkat belanja konsumen yang masih lumayan tinggi bagi pedagang. Kata kunci: Faktor pendorong, pedagang kaki lima |