JudulKemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking Ability) Peserta Didik Kelas X IPS Di SMA Negeri 6 Palu |
Nama: ANDI NUR ANNISA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Andi Nur Annisa, 2024. “Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking Ability) Peserta Didik di SMA Negeri 6 Palu”. Skripsi (S-1), Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Amalia Novarita Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir spasial (Spatial Thinking Ability) peserta didik di SMA Negeri 6 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah kelas X IPS SMA Negeri 6 Palu berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket yang disebar langsung pada peserta didik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif menggunakan rumus presentase. Hasil kemampuan berpikir spasial peserta didik di SMA Negeri 6 Palu masih sangat kurang. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penilaian angket kemampuan berpikir spasial peserta didik, pada indikator 1 memproleh nilai presentase 36%, Indikator 2 memperoleh nilai presentase 32%, Indikator 3 memperoleh nilai presentase 33%, Indikator 4 memperoleh nilai presentase 37%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir spasial peserta didik masih sangat kurang. Kata Kunci: Pembelajaran Geografi, Kemampuan Berpikir Spasial, Peserta Didik |