Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXO-OLO TASK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 2 PALU
Nama: MOH. FAJRI
Tahun: 2024
Abstrak
Muhamad Fajri, 2024 Pengaruh Model Pembelajaran Exo-Olo Task Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 2 Palu. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen pembimbing Ibu Amalia Novarita, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Exo-Olo Task terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS mata pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Palu." Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan sampel kelas XI IPS 1 berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan jumlah populasi sebanyak 72 orang Instrumen penelitian berupa tes tulis, tes tulis diperoleh dari pre-test dan pos-test 25 soal pilihan ganda. Hasil perhitungan hipotesis akhir (Uji t) menggunaakan aplikasi SPSS Versi 25.0 For Windows menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas kontrol 80.52 sedangkan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai yaitu sebesar 84.86 nilai signifikan (sig) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Pengaruh model pembelajaran Exo-Olo Task terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS mata pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci: Pembelajaran Exo-Olo Task, Mata Pelajaran Geografi, Keterampilan Berpikir kritis Peserta Didik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up