Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER PADA MATERI KONSEP GEOGRAFI DI SMA N 3 TOLITOLI
Nama: MOH. AFDAL
Tahun: 2025
Abstrak
Moh. Afdal, 2025, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier Pada Materi Konsep Geografi di SMA Negeri 3 Toli-Toli”. Skripsi (S1) Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Haslita Rahmawati Hasan S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier Pada Materi Konsep Geografi di SMA Negeri 3 Toli-Toli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XA dan XB sebanyak 43 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga seluruh anggota populasi menjadi sampel penelitian. Insrumen penelitian terdiri dari tes diagnostik Three Tier pada konsep Geografi yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa mengalami Mikonsepsi (M) dengan persentase sebesar 65,11% (kategori sedang) Paham Konsep (PK) sebesar 6,97% (kategori rendah), Tidak Paham Konsep (TPK) sebesar 27,90% (kategori rendah) dan Error (E) sebesar 0% termasuk dalam kategori rendah. Selanjutnya Tes Diagnostik Three Tier Terdiri dari 15 soal pilihan ganda yaitu dengan Miskonsepsi Tertinggi terdapat pada soal nomor 1 peresentase sebesar 74,41?n soal nomor 4 dengan presentase 74, 41%. Kata Kunci: Miskonsepsi, Tes Diagnostik, Three Tier

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up