JudulTingkat Kemampuan Spatial Thinking Peserta Didik SMA/MA Sederajat Se-Kota Palu |
Nama: LHILU KHILALA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan dari penelitian adalah menganalisis kemampuan berpikir spasial siswa jenjang menegah atas. Penelitian dilakukan pada sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Kota Palu dengan metode survei. Data utama diambil dengan cara tes pada siswa kelas X dan Kelas XI di 16 sekolah yang tersebar di 7 kecamatan di Kota Palu dengan jumlah siswa sebanyak 344 siswa. Data lain diambil secara online dengan pengisian kuesioner dan survei instansional. Data yang dikumpulkan, kemudian dianalisis secara deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari 16 sekolah yang disurvei, hanya satu (1) sekolah yang memperoleh tingkat rata-rata “Baik Sekali”, yaitu SMA Negeri 2 Palu. Sekolah ini termasuk dalam sekolah favorit dan banyak diminati karena kualitas pendidikan dan prestasi siswanya (2) Tingkat rerata “Baik” tersebar di tujuh (7) sekolah dan delapan (8) sekolah memperoleh kategori “Cukup”. |